Manajemen Pendidikan dan Pelatihan
Kerangka Kompetensi Abad 21 dan Implikasinya terhadap Proses
Pembelajaran
Pertemuan 1
Hari Senin tanggal 8 September 2014 merupakan awal semester
101. Mata kuliah pertama sesuai jadwal adalah Manajemen Pendidikan dan Pelatihan
atau yang sering disebut dengan Manajemen Diklat. Dosen mata kuliah ini
adalah Pak Amril. Beliau menyampaikan kontrak kuliah dan juga menjelaskan
silabus mata kuliah ini dan menugaskan setiap mahasiswa untuk mencari materi
sesuai topic bahasan yang terdapat di silabus dengan tenggang waktu selama 2
minggu. Berikut laporan kbm di pertemuan pertama mata kuliah ini :
Pelatihan,
menutup kesenjangan.
Seorang tokoh ternama bernama Holland mengatakan bahwa orang
akan lebih cepat sukses apabila ada koherensi antara kepribadian dengan bidang
ilmu serta pekerjaannya.
Disini juga dijelaskan mengenai Kerangka Kompetensi Abad 21
dimana pada kehidupan dan karir saat ini kita harus fleksibel dan adatif,
berinisiatif dan mandiri, memiliki keterampilan sosial budaya, produktif dan
akuntabel, serta memiliki sifat kepemimpinan dan rasa tanggung jawab.
Dan untuk pembelajaran dan inovasi pada abad 21, kita
dituntut untuk kreatif dan inovatif, berfikir kritis dalam menyelesaikan
masalah, mampu berkomunikasi dan berkolaborasi.
Sedangkan untuk informasi, media, dan teknologi, kita dituntut
untuk melek informasi, melek media, dan juga melek TIK.
Dapat disimpulkan bahwa kerangka ini menunjukkan bahwa
memiliki pengetahuan saja tidak cukup, harus dilengkapi dengan kemampuan
kreatif, kritis, berkarakter kuat. Dan disamping itu harus didukung dengan
kemampuan memanfaatkan informasi dan berkomunikasi.
Tuntutan Terhadap “Kompetensi SDM”
1. Pengetahuan/Wawasan Global
·
Konseptual
yang integratif dan aplikatif
·
Orientasi
pada solusi, inovatif dan kreatifitas
·
Nilai-nilai
universal (lintas budaya)
2. Keterampilan Global
• Komunikasi multi budaya
• Pemanfaatan teknologi informasi
• Pengembangan intelektual+emotional+adversity skill
• Komunikasi multi budaya
• Pemanfaatan teknologi informasi
• Pengembangan intelektual+emotional+adversity skill
3. Sikap/Perilaku
• Dinamis dan fleksibel
• Inisiatif dan proaktif
• Inovatif dan kreatif
• Mandiri/survive
• Dinamis dan fleksibel
• Inisiatif dan proaktif
• Inovatif dan kreatif
• Mandiri/survive
Pergeseran Paradigma Belajar Abad 21
Ciri belajar pada abad 21 terdiri dari informasi yang
tersedia dimana saja dan dapat diakses kapan saja, komputasi yang ditandai
dengan lebih cepatnya menggunakan mesin, otomasi yang menjangkau pekerjaan
secara rutin, komunikasi yang lancar dari mana dan kemana saja. Ciri belajar pada abad 21 ini, terdapat model pembelajaran yang
mnuntut siswa mencari tahu, merumuskan masalah (bertanya), analitis (mampu
mengambil keputusan), serta mampu bekerjasama dan berkolaborasi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar