Jumat, 12 September 2014

laporan perkuliahan MANAJEMEN DIKLAT pertemuan 1


Manajemen Pendidikan dan Pelatihan

Kerangka Kompetensi Abad 21 dan Implikasinya terhadap Proses Pembelajaran

Pertemuan 1
Hari Senin tanggal 8 September 2014 merupakan awal semester 101. Mata kuliah pertama sesuai jadwal adalah Manajemen Pendidikan dan Pelatihan atau yang sering disebut dengan Manajemen Diklat. Dosen mata kuliah ini adalah Pak Amril. Beliau menyampaikan kontrak kuliah dan juga menjelaskan silabus mata kuliah ini dan menugaskan setiap mahasiswa untuk mencari materi sesuai topic bahasan yang terdapat di silabus dengan tenggang waktu selama 2 minggu. Berikut laporan kbm di pertemuan pertama mata kuliah ini :

Pelatihan, menutup kesenjangan.
Seorang tokoh ternama bernama Holland mengatakan bahwa orang akan lebih cepat sukses apabila ada koherensi antara kepribadian dengan bidang ilmu serta pekerjaannya.

Disini juga dijelaskan mengenai Kerangka Kompetensi Abad 21 dimana pada kehidupan dan karir saat ini kita harus fleksibel dan adatif, berinisiatif dan mandiri, memiliki keterampilan sosial budaya, produktif dan akuntabel, serta memiliki sifat kepemimpinan dan rasa tanggung jawab.
Dan untuk pembelajaran dan inovasi pada abad 21, kita dituntut untuk kreatif dan inovatif, berfikir kritis dalam menyelesaikan masalah, mampu berkomunikasi dan berkolaborasi.
Sedangkan untuk informasi, media, dan teknologi, kita dituntut untuk melek informasi, melek media, dan juga melek TIK.
Dapat disimpulkan bahwa kerangka ini menunjukkan bahwa memiliki pengetahuan saja tidak cukup, harus dilengkapi dengan kemampuan kreatif, kritis, berkarakter kuat. Dan disamping itu harus didukung dengan kemampuan memanfaatkan informasi dan berkomunikasi.   
 
Tuntutan Terhadap “Kompetensi SDM”
1.      Pengetahuan/Wawasan Global
·        Konseptual yang integratif dan aplikatif
·        Orientasi pada solusi, inovatif dan kreatifitas
·        Nilai-nilai universal (lintas budaya)
2.      Keterampilan Global
•    Komunikasi multi budaya
•    Pemanfaatan teknologi informasi
•    Pengembangan intelektual+emotional+adversity skill
3.      Sikap/Perilaku
•    Dinamis dan fleksibel
•    Inisiatif dan proaktif
•    Inovatif dan kreatif
•    Mandiri/survive

Pergeseran Paradigma Belajar Abad 21
Ciri belajar pada abad 21 terdiri dari informasi yang tersedia dimana saja dan dapat diakses kapan saja, komputasi yang ditandai dengan lebih cepatnya menggunakan mesin, otomasi yang menjangkau pekerjaan secara rutin, komunikasi yang lancar dari mana dan kemana saja. Ciri belajar pada abad 21 ini, terdapat model pembelajaran yang mnuntut siswa mencari tahu, merumuskan masalah (bertanya), analitis (mampu mengambil keputusan), serta mampu bekerjasama dan berkolaborasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar