Sabtu, 31 Mei 2014

resume perkuliahan manajemen pemasaran jasa pendidikan pertemuan 12 "PERILAKU KONSUMEN" tgl 26 Mei 2014


Resume perkuliahan pertemuan ke 12 tanggal 26 Mei 2014

MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN

Assalamualaikum Wr.Wb….. resume perkuliahan MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN dengan tema materinya adalahhhh….PERILAKU KONSUMEN, yang mana merupakan pertemuan ke 12 sekaligus pertemuan terakhir mata kuliah ini sebelum UAS. Check this outtt…

A.     PERILAKU KONSUMEN
Pengertian perilaku konsumen terdiri dari berbagai pendapat para ahli, yaitu sebagai berikut :

·        Menurut David L. Loudon & Albert J. Della Bitta (1984:6) : proses pengambilan keputusan  dan aktivitas individu secara fisik yang dilibatkan dalam  proses evaluasi, memperoleh, menggunakan atau dapat mempergunakan barang dan jasa.

·        Menurut James F. Engel, Et.al. (1968:8) : tindakan-tindakan individu yang secara langsung terlibat  dalam usaha memperoleh dan menggunakan barang dan jasa ekonomis termasuk proses pengambilan keputusan yang mendahului dan menentukan tindakan-tindakan tersebut. 

·        Menurut Gerald Zaltman  Melanie Wallendorf (1979:6) : tindakan, proses, dan hubungan sosial yang dilakukan individu, kelompok, dan organisasi dalam mendapatkan, menggunakan suatu produk atau lainnya sebagai akibat dari pengalamannya dengan produk, pelayanan, dan sumber-sumber lainnya.

Kesimpulan dari berbagai pendapat para ahli di atas mengenai perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan yang dilakukan individu atau kelompok atau organisasi yang berhubungan dengan proses pengambilan keputusan untuk menggunakan barang atau jasa ekonomis yang dapat dipengaruhi lingkungannya.

B.     KEBUTUHAN KONSUMEN
Kebutuhan konsumen secara otomatis mempengaruhi perilaku konsumen. Makin banyak kebutuhan, semakin banyak pula biaya yang harus dikeluarkan konsumen yang menyebabkan konsumen tersebut melakukan pemborosan. Kebutuhan setiap orang berbeda-beda, begitu pula perilaku konsumen yang berbeda-beda pula. Misalnya, banyak mahasiswa cenderung memilih tempat makan yang lebih dekat karena kesibukan aktivitas perkuliahan, serta jadwal mereka yang padat sehingga tidak memakan waktu yang lama seperti waktu untuk mengantri, ataupun mereka bias membawa bekal dari rumah agar waktu dan uang menjadi lebih hemat.

C.     HIERARKI TEORI KEBUTUHAN MENURUT PARA AHLI
Menurut Abraham Maslow, kebutuhan manusia terdiri dari sebagai berikut :
1.      Kebutuhan Fisiologis merupakan kebutuhan akan kondisi biologis manusia. Contohnya : pangan, sandang, papan, dan kebutuhan biologis lainnya.
2.      Kebutuhan Rasa Aman merupakan rasa aman ketika membeli suatu produk, maka belilah produk yang sudah terkenal dan jelas kualitasnya.
3.      Kebutuhan untuk Memiliki merupakan kebutuhan rasa untuk memiliki terhadap apa pun, baik memiliki teman, memiliki suatu barang, dan lain sebagainya.
4.      Kebutuhan akan Harga Diri merupakan pemberian penghargaan pada diri sendiri maupun orang lain terhadap apa yang telah dicapai, sehingga diri sendiri maupun orang lain merasa di hargai.
5.      Kebutuhan Aktualisasi Diri merupakan kebutuhan akan pengaktualisasi diri terhadap apa yang telah dicapai supaya seseorang tersebut menjadi lebih aktif dan maju.

  Menurut David McCleland, kebutuhan manusia terdiri dari sebagai berikut :
1.      Need for achievement : kebutuhan untuk mencapai suatu keberhasilan. Lebih menekankan untuk mengejar prestasi pribadi dibandingkan dengan reward terhadap keberhasilan.
2.      Need for affiliation : kebutuhan harus dipenuhi karena mementingkan kelompok
3.      Need for Power : keinginan untuk mengatur, mempengaruhi, memimpin orang lain karena memiliki kekuatan untuk melakukan hal tersebut.

D.    MOTIF dan MOTIVASI KONSUMEN
Motif adalah dasar sesuatu. Motivasi adalah sesuatu hal yang menjadikan dasar untuk melakukan sesuatu. Pengertian motivasi menurut para ahli, yaitu :
·        Abraham Sperlling : kecenderungan untuk beraktivitas dimulai dari dalam diri sendiri dan diakhiri melalui penyesuain diri (internal)
·        William J Stanton : Kebutuhan yang distimuli dan dicari  oleh individu yang berorientasi pada rujukan untuk memenuhi kebutuhan (eksternal)
·        Fillmore H Stanford : Kondisi yang menggerakan manusia ke arah atau tujuan tertentu (umum)

E.     FAKTOR-FAKTOR yang MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN
1.      Kekuatan sosial budaya : Perilaku individu yang dipengaruhi oleh lingkungan dan budaya sekitarnya.
2.      Faktor psikologis. Seseorang akan merasa bangga bila membeli suatu produk tertentu, misalnya produk yang brandnya terkenal serta kualitasnya menjanjikan.
3.      Faktor sikap dan keyakinan : sikap yang menunjukn keyakinan seseorang terhadap apa pun
4.      Konsep diri : konsep diri secara fisik dan moral yang tidak terpengaruh untuk mengikuti perilaku konsumen lainnya.

F.      KUALITAS
Kualitas yaitu keseluruhan fitur dari suatu produk atau karakteristik produk yang dapat mempengaruhi dan memuaskan keinginan konsumen.

G.    TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM)
Merupakan kegiatan menyeluruh dalam suatu organisasi dan secara terus menerus memperbaiki kualitas dari semua aktivitas yang ada dalam organisasi. Yang mempengaruhi TQM, yaitu :
1.      Proses produksi
2.      Kemampuan produk
3.      Layanan konsumen
4.      Sistem dan manajemen
5.      Teknologi dan informasi
6.      Responsif terhadap keluhan pelanggan
7.      Jaringan komunikasi

Prinsip TQM :
1.      Fokus pada pemuasan terhadap pelanggan.
2.      Melakukan perbaikan berkesinambungan.
3.      Melibatkan seluruh potensi atau sumber daya.

H.    CARA MENGETAHUI KEPUASAN PELANGGAN
1.      Sistem keluhan dan saran, berupa kotak saran dan mading kritik yang terdapat pada perusahaan.
2.      Survey secara berkala yang dilihat dari statistik produk yang telah terjual.
3.      Merespon keinginan pelanggan dengan terus melakukan terobosan inovasi sesuai kebutuhan pelanggan.
4.      Konsumen misterius yang mengkaji kelemahan produk pesaing.
5.      Meneliti kepuasan pelanggan secara langsung seperti manajer yang mendatangi serta menanyakan secara langsung kepada konsumen perihal produk yang dikonsumsi.
6.       Analisis hilangnya pelanggan dengan mencari tahu penyebab pelanggan menghilang dengan menghubungi melalui brosur atau promosi lainnya sehingga mereka kembali.

I.       ETIKA PEMASARAN dan KODE ETIK
Beberapa penjelasan tentang kode etik pemasaran, yaitu sebagai berikut :
1.                            Tanggung jawab pemasaran dalam bidang promosi, distribusi, penetapan harga, riset pemasaran, dan hubungan organisasional yang cenderung membeli produk pada perusahaan yang berkompeten.
2.                            Tingkah laku pemasaran professional
3.                            Kejujuran dan keadilan
4.                            Hak dan kewajiban pihak-pihak yang terlibat dalam proses penukaran pemasaran

J.      PRINSIP KEBIJAKAN PUBLIK TERHADAP PEMASARAN
1.      Prinsip kebebasan konsumen dan produsen
2.      Prinsip mengendalikan bahaya potensial
3.      Prinsip memenuhi kebutuhan dasar
4.      Prinsip efisiensi ekonomis
5.      Prinsip inovasi
6.      Prinsip pendidikan dan informasi konsumen
7.      Prinsip perlindungan konsumen


Tidak ada komentar:

Posting Komentar