Resume
perkuliahan pertemuan ke 3 tanggal 24 Februari 2014
MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN
Assalamualaikum
Wr.Wb….. resume perkuliahan perkuliahan MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN
dengan tema materinya adalahhhh…..ANALISIS LINGKUNGAN PEMASARAN. Check this
outtt…
Analisis Lingkungan Pemasaran
Lingkungan pemasaran adalah aktor dan
kekuatan yang berada di kekuatan pemasaran namun sangat mempengaruhi
kesuksesan pemasaran. Lingkungan pemasaran sendiri terbagi menjadi dua yaitu
Lingkungan Makro dan Lingkungan Mikro.
Lingkungan mikro adalah kekuatan yang paling
dekat dengan perusahaan yang langsung mempengaruhi pelayanan perusahaan
terhadap konsumen. Contoh dari lingkungan mikro adalah perusahaan itu sendiri,
pemasok barang, jaringan atau agen penjualan, pelanggan, pesaing, dan
masyarakat.
Berbeda dengan mikro, lingkungan makro adalah
lingkungan yang juga besar pengaruhnya terhadap pemasaran perusahaan namun
tidak langsung mempengaruhi. Lingkungan makro adalah lingkungan sosial yang
lebih luas bahkan sampai tingkat nasional atau internasional. Contoh lingkungan
makro adalah jumlah penduduk, keadaan ekonomi, kondisi alam, kebijakan politik
dan kebudayaan. Contoh kasus dari lingkungan makro adalah buruh di sebuah
perusahaan sepatu melakukan demo karena digaji tidak sesuai dengan upah minimum
regionalnya. Lalu, demo tersebut diketahui oleh masyarakat di luar negeri. Maka
ketika produk sepatu dari pabrik tersebut dikirim ke luar negeri, maka sepatu
tersebut tidak akan laku.
Manajemen pemasaran harus dilakukan dengan
aktif dengan cara membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, caranya adalah
menciptakan nilai lebih dan kepuasan pelanggan. Hal ini tentu saja dengan tetap
memperhat8ikan lingkungan mikro dan lingkungan makro yang mendukung proses
pemasaran.
Sebuah perusahaan terdiri dari beberapa
bagian yaitu Top Manager atau pemimpin. Pemimpin harus
mampu memotivasi bawahannya untuk dapat bekerja dengan baik dalam rangka
mencapai tujuan. Motivasi yang diberikkan untuk menggerakkan bawahan agar
bekerja sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.
Lalu dikenal juga istilah Finance
(Keuangan) pengelolaan keuangan di suatu perusahan harus dengan tepat dan benar
sehingga keuangan perusahaan dapat stabil dan tidak defisit.
Setelah keuangan, maka perusahaan juga
memiliki Riset dan Development yang dapat mencari tahu, menganalisis,
menemukan produk atau jasa apa yang menjadi kebutuhan di masyarakat yang lalu
akan dikembangkan untuk diproduksi oleh perusahaan tersebut.
Lalu bagian Purchasing yang bertugas
membeli kebutuhan perusahaan dan karyawan dalam melakukan kegiatan produksi.
Selanjutnya adalah Manufacturing
yang mengelola barang dan aset perusahaan. Terakhir adalah Accounting
yang menghitung arus keuangan dan sumber daya perusahaan.
Dalam proses pemasaran sendiri, perusahaan
senantiasa melibatkan lingkungan mikro diantaranya Pemasok barang (Supplier)
yang menyediakan sumber daya yang dibutuhkan oleh perusahaan dalam memproduksi
barang atau jasa.
Perantara (Market Channel Firms)
yang menjembatani perusahaan untuk menyampaikan produknya kepada pelanggan yang
termasuk dalam lingkungan mikro.
Dan pelanggan atau Customer yang termasuk
lingkungan mikro, pelanggan ini terbagi menjadi beberapa tingkat yaitu: customer
market, bussiness market, reseller market, government market, dan international
market. Karena cakupan pelanggan sangat luas maka pelanggan menjadi salah
satu aspek penting yang harus diperhatikan dalam melakukan pemasaran.
Publics atau masyarakat yang terdiri dari: Financial Public (keuangan
masyarakat), Media Publics yaitu sarana atau media yang diperhatikan
untuk melakukan pemasaran agar tepat sasaran, Government Publics atau
aturan mengenai penjualan produk yang mungkin diatur oleh pemerintah, Citizen-Action
Public yaitu kelompok masyarakat yang mengkritisi produk perusahaan
seperti LSM, Local Publics yaitu keadaan masarakat sekitar perusahaan,
General Publics yaitu masyarakat yang jangkauannya lebih luas, dan Internal
Publics atau masyarakat dalam perusahaan.
Lingkungan makro terdiri dari lingkungan
demografi (Demographic Environment) yang terdiri atas densitas
penduduk, pekerjaan penduduk, suku, usia, gender, lokasi, kepadatan
dan penduduk.
Serta terdapat pula lingkungan ekonomi yang
terdiri dari daya beli dan pola pengeluaran dalam lingkungan makro.
Lingkungan alam juga termasuk lingkungan
makro, yaitu ketahanan barang, kenaikan biaya (listrik, gas, energi), kenaikan
polusi, dan intervensi pemerintah tentang sumber daya.
Selain itu juga ada lingkungan teknologi,
seperti teknologi baru, mengkreasikan produk baru/perbaharui, peluang pasar/tren,
cepatnya perubahan teknologi, anggaran untuk riset, dan peraturan-peraturan.
Serta lingkungan politik, seperti hukum,
kantor-kantor pemerintah, kelompok yang mempunyai daya menekan, legislatif
regulasi bisnis, dan perubahan pemerintah.
Dan yang terakhir dari lingkungan makro
adalah lingkungan budaya yang terdiri dari ketekunan menjaga nilai budaya dan
kesiapan seseorang untuk mempunyai budaya yang lebih.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar