Resume
perkuliahan pertemuan ke 4 tanggal 03 Maret 2014
MANAJEMEN
PEMASARAN JASA PENDIDIKAN
Assalamualaikum Wr.Wb….. resume
perkuliahan perkuliahan MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN dengan tema
materinya adalahhhh…..TAHAP STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN. Check this
outtt…
Tahap Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan
1.
Segmentasi
2.
Targeting
3.
Positioning
Segmentasi adalah strategi pemasaran yang membagi target
pasar yang luas ke dalam kelompok dari konsumen yang memiliki kebutuhan umum
yang sama. Tergantung pada karakteristik khusus dari produk, kelompok ini dapat
dibagi dengan kriteria seperti usia dan jenis kelamin, atau perbedaan lain,
seperti lokasi atau pendapatan. Kampanye pemasaran dapat dirancang dan
dilaksanakan untuk menargetkan segmen pelanggan tertentu.
Dalam hubungan ini diklasifikasikan jenis-jenis variabel
segmentasi sebagai berikut:
1.
Segmentasi
Geografi
Segmentasi
ini membagi pasar menjadi unit-unit geografi yang berbeda, seperti negara,
propinsi, kabupaten, kota, wilayah, daerah atau kawasan. Jadi dengan segmentasi
ini, pemasar memperoleh kepastian kemana atau dimana produk ini harus
dipasarkan.
2.
Segmentasi
Demografi
Segmentasi
ini memberikan gambaran bagi pemasar kepada siapa produk ini harus ditawarkan.
Jawaban atas pertanyaan kepada siapa dapat berkonotasi pada umur, jenis
kelamin, jumlah anggota keluarga, siklus kehidupan keluarga seperti anak-anak,
remaja, dewasa, kawin/ belum kawin, keluarga muda dengan satu anak, keluarga
dengan dua anak, keluarga yang anak-anaknya sudah bekerja dan seterusnya. Dapat
pula berkonotasi pada tingkat penghasilan, pendidikan, jenis pekerjaan, pengalaman,
agama dan keturunan
3.
Segmentasi
Psikografi
Pada
segmentasi ini pembeli dibagi menjadi kelompok-kelompok berdasarkan:Status
sosial, misalnya: pemimpin masyarakat, pendidik, golongan elite, golongan
menengah, golongan rendah. Gaya hidup misalnya: modern, tradisional, kuno,
boros, hemat, mewah dan sebagainya. Kepribadian, misalnya: penggemar, pecandu
atau pemerhati suatu produk.
4.
Segmentasi
Perilaku
Segmentasi tingkah laku
mengelompokkan pembeli berdasarkan pada pengetahuan, sikap, penggunaan atau
reaksi mereka terhadap suatu produk.
Targeting adalah membidik target market yang telah
kita pilih dalam analisa segmentasi pasar. Dalam hal ini tentu saja serangkaian
program pemasaran yang dilakukan harus pas dengan karakteristik pasar sasaran
yang hendak kita tuju. Langkah dalam mengembangkan targeting yaitu :
1. Mengevaluasi daya tarik
masing-masing segmen dengan menggunakan variable-variabel yang dapat mengkuantifikasi
kemungkinan permintaan dari setiap segmen, biaya melayani setiap segmen, dan
kesesuaian antara kompetensi inti perusahaan dan peluang pasar sasaran.
2. Memilih satu atau lebih segmen
sasaran yang ingin dilayani berdasarkan potensi laba segmen tersebut dan
kesesuaiannya dengan strategi perusahaan.
Positioning adalah dengan upaya identifikasi,
pengembangan, dan komunikasi keunggulan yang bersifat khas serta unik. Dengan
demikian, produk dan jasa perusahaan dipersepsikan lebih superior dan khusus
dibandingkan dengan produk dan jasa pesaing dalam persepsi konsumen. Persepsi
pelanggan terhadap produk yang dihasilkan dan bukan hanya sekedar produk fisik
adalah fokus utama Positioning. Keberhasilan positioning sangat
ditentukan oleh kemampuan sebuah perusahaan untuk mendeferensiasikan atau
memberikan nilai superior kepada pelanggan. Nilai superior sendiri dibentuk
dari beberapa komponen. Sedangkan kunci utama keberhasilan positioning terletak
pada persepsi yang diciptakan dari persepsi perusahaan terhadap dirinya
sendiri, persepsi perusahaan terhadap pesaing, persepsi perusahaan terhadap
pelanggan, dll.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar