Resume
perkuliahan pertemuan ke 2 tanggal 17 Februari 2014
MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN
Assalamualaikum
Wr.Wb….. resume perkuliahan perkuliahan MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN
dengan tema materinya adalahhhh…..KONSEP DASAR PEMASARAN. Check this outtt…
Konsep Dasar Pemasaran
Mengapa
harus belajar pemasaran? Pertanyaan ini menjadi pemikiran para mahasiswa saat
mendapat mata kuliah ini saat pertama kalinya. Jawabannya adalah untuk memenuhi
kebutuhan pelanggan dan supaya mempunyai komitmen yang kuat untuk menjalankan
proses pemasaran, dan juga supaya memahami bagaimana sebuah perusahaan berbagi
dan bagaimana pula dedikasinya memahami dan memuaskan pelanggan atau target
pasar perusahaan tersebut. Dan juga belajar bagaimana perusahaan memotivasi
setiap orang di organisasi tersebut untuk memproduksi nilai keunggulan pada
perusahaan tersebut serta bagaimana memimpin pada tingkat tertinggi yang
bertujuan untuk memuaskan pelanggan. Fokus
terhadap pelanggan dengan baik dan membangun komitmen terhadap pemasaran.
Perusahaan membagikan atau memberikan dedikasi penuh untuk mengerti dan
memuaskan pelanggan sesuai target pasar yang diinginkan. Memotivasi orang-orang
dalam organisasi untuk menghasilkan nilai-nilai superior terhadap pelanggan,
sehingga mencapai level tinggi kepuasan pelanggan.
Pemasaran
(Marketing) merupakan suatu proses dan kegiatan manajerial yang dilakukan oleh
individu dan kelompok untuk memenuhi apa yang dibutuhkan dan yang dinginkan
pelanggan atau sesuatu yang dapat dibuat dan dibarter beserta nilainya.
Pemasaran terjadi karena 2 hal, yaitu kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan
merupakan sesuatu yang dibutuhkan yang dapat disebabkan karena merasa ada yang
hilang, sedangkan keinginan merupakan sesuatu yang dinginkan yang dapat terkait
dengan budaya dan kepribadian.
Produk
merupakan sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar. Produk juga merupakan
suatu perhatian yang diperoleh, digunakan, atau yang dikonsumsi, dan yang dapat
memuaskan kebutuhan atau keinginan. Yang termasuk dalam produk, yaitu barang,
fisik, pelayanan, orang, tempat, organisasi, dan ide. Produk dibagi menjadi 2
jenis yaitu, produk yang bersifat nyata (tangibles) dan produk yang bersifat
tidak nyata (intangibles).
Filosofi
Pemasaran :
1. Konsep
produksi, yaitu barang
yang banyak diperoleh dimanapun sehingga mudah untuk membelinya.
2. Konsep produk, yaitu barang yang
diproduksi dalam jumlah banyak tetapi terbatas sehingga terlihat nilainya atau
secara ringkas lebih mengutamakan kualitas.
3. Konsep penjualan, yaitu
barang-barang yang dijual dengan mengutamakan teknik penjualan atau periklanan.
4. Konsep
pemasaran, yaitu teknik
penjualan barang yang memasarkan barang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
5. Konsep pemasaran sosial, yaitu pemasaran
yang berkaitan erat dengan permasalahan sosial.
Aspek dalam manajemen pemasaran, yaitu :
a. Nilai
b. Kepuasan
c. Kualitas
d. Pertukaran
e. Transaksi
f. Hubungan/keterkaitan
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar