Sabtu, 08 Maret 2014

Konsep Dasar Pemasaran

Resume perkuliahan pertemuan ke 2 tanggal 17 Februari 2014

MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN

Assalamualaikum Wr.Wb….. resume perkuliahan perkuliahan MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN dengan tema materinya adalahhhh…..KONSEP DASAR PEMASARAN. Check this outtt…

Konsep Dasar Pemasaran
Mengapa harus belajar pemasaran? Pertanyaan ini menjadi pemikiran para mahasiswa saat mendapat mata kuliah ini saat pertama kalinya. Jawabannya adalah untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan supaya mempunyai komitmen yang kuat untuk menjalankan proses pemasaran, dan juga supaya memahami bagaimana sebuah perusahaan berbagi dan bagaimana pula dedikasinya memahami dan memuaskan pelanggan atau target pasar perusahaan tersebut. Dan juga belajar bagaimana perusahaan memotivasi setiap orang di organisasi tersebut untuk memproduksi nilai keunggulan pada perusahaan tersebut serta bagaimana memimpin pada tingkat tertinggi yang bertujuan untuk memuaskan pelanggan.  Fokus terhadap pelanggan dengan baik dan membangun komitmen terhadap pemasaran. Perusahaan membagikan atau memberikan dedikasi penuh untuk mengerti dan memuaskan pelanggan sesuai target pasar yang diinginkan. Memotivasi orang-orang dalam organisasi untuk menghasilkan nilai-nilai superior terhadap pelanggan, sehingga mencapai level tinggi kepuasan pelanggan.
Pemasaran (Marketing) merupakan suatu proses dan kegiatan manajerial yang dilakukan oleh individu dan kelompok untuk memenuhi apa yang dibutuhkan dan yang dinginkan pelanggan atau sesuatu yang dapat dibuat dan dibarter beserta nilainya. Pemasaran terjadi karena 2 hal, yaitu kebutuhan dan keinginan. Kebutuhan merupakan sesuatu yang dibutuhkan yang dapat disebabkan karena merasa ada yang hilang, sedangkan keinginan merupakan sesuatu yang dinginkan yang dapat terkait dengan budaya dan kepribadian.
Produk merupakan sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar. Produk juga merupakan suatu perhatian yang diperoleh, digunakan, atau yang dikonsumsi, dan yang dapat memuaskan kebutuhan atau keinginan. Yang termasuk dalam produk, yaitu barang, fisik, pelayanan, orang, tempat, organisasi, dan ide. Produk dibagi menjadi 2 jenis yaitu, produk yang bersifat nyata (tangibles) dan produk yang bersifat tidak nyata (intangibles).

Filosofi Pemasaran :
1.      Konsep produksi, yaitu barang yang banyak diperoleh dimanapun sehingga mudah untuk membelinya.
2.      Konsep produk, yaitu barang yang diproduksi dalam jumlah banyak tetapi terbatas sehingga terlihat nilainya atau secara ringkas lebih mengutamakan kualitas.
3.      Konsep penjualan, yaitu barang-barang yang dijual dengan mengutamakan teknik penjualan atau periklanan.
4.      Konsep pemasaran, yaitu teknik penjualan barang yang memasarkan barang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
5.      Konsep pemasaran sosial, yaitu pemasaran yang berkaitan erat dengan permasalahan sosial.

Aspek dalam manajemen pemasaran, yaitu :
a.       Nilai
b.      Kepuasan
c.       Kualitas
d.      Pertukaran
e.       Transaksi
f.       Hubungan/keterkaitan






.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar