Sabtu, 15 Maret 2014

Marketing Mix

Resume perkuliahan pertemuan ke 5 tanggal 10 Maret 2014

MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN
            Assalamualaikum Wr.Wb….. resume perkuliahan perkuliahan MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN dengan tema materinya adalahhhh…..MARKETING MIX. Check this outtt…

Marketing Mix
Marketing Mix adalah kombinasi dari alat pemasaran bahwa perusahaan menggunakan untuk memuaskan pelanggan sasaran mereka dan mencapai tujuan organisasi dan diklasifikasikan dalam empat kategori besar :
  • Produk
  • Harga
  • Tempat
  • Promosi.

Produk
Produk adalah persembahan yang sebenarnya oleh perusahaan untuk pelanggan sasaran yang juga mencakup hal nilai tambah. Produk mungkin berwujud (barang) atau tidak berwujud (jasa). Sementara untuk merumuskan strategi pemasaran ada beberapa keputusan produk meliputi :
  • Desain
  • Teknologi
  • Kegunaan
  • Kelengkapan
  • Nilai
  • Kualitas
  • Kemasan
  • Merk
  • Aksesoris
  • Garansi

Harga
Harga merupakan sejumlah nilai tertentu untuk membayar produk atau jasa. Keputusan harga yaitu antara lain :
  • Harga yang tepat
  • Pengambilan keputusan
  • Teknik penentuan harga
  • Tempat
  • Koneksi distribusi

Tempat
 Tempat merupakan rute produk untuk di dapat oleh konsumen. Tempat (Penempatan), ini tidak hanya mencakup tempat di mana produk ditempatkan, semua kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk menjamin ketersediaan produk yang ditargetkan pelanggan. Ketersediaan produk di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat dan dalam kuantitas yang tepat sangat penting dalam keputusan-keputusan penempatan. Keputusan penempatan meliputi :
  • Ritel
  • Grosir
  • Order mail
  • Internet
  • Penjualan langsung
  • Peer to peer
.
Promosi
 Promosi merupakan cara untuk memunculkan produk dan jasa yang berpengaruh. Promosi mencakup semua kegiatan komunikasi dan menjual untuk membujuk prospek masa depan untuk membeli produk. Keputusan promosi meliputi :
  • Penawaran khusus
  • Iklan
  • Jaminan/rekomendasi
  • Hadiah
  • Kompetisi
  • Panduan pengguna
  • Pameran


Tidak ada komentar:

Posting Komentar