Resume
perkuliahan pertemuan ke 5 tanggal 10 Maret 2014
MANAJEMEN
PEMASARAN JASA PENDIDIKAN
Assalamualaikum Wr.Wb….. resume
perkuliahan perkuliahan MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN dengan tema
materinya adalahhhh…..MARKETING MIX. Check this outtt…
Marketing Mix
Marketing Mix
adalah kombinasi dari alat pemasaran bahwa perusahaan menggunakan untuk
memuaskan pelanggan sasaran mereka dan mencapai tujuan organisasi dan diklasifikasikan
dalam empat kategori besar
:
- Produk
- Harga
- Tempat
- Promosi.
Produk
Produk adalah
persembahan yang sebenarnya oleh perusahaan untuk pelanggan sasaran yang juga
mencakup hal nilai tambah. Produk mungkin berwujud (barang) atau tidak berwujud
(jasa). Sementara untuk
merumuskan
strategi pemasaran
ada beberapa keputusan produk meliputi :
- Desain
- Teknologi
- Kegunaan
- Kelengkapan
- Nilai
- Kualitas
- Kemasan
- Merk
- Aksesoris
- Garansi
Harga
Harga merupakan sejumlah nilai tertentu
untuk membayar produk atau jasa. Keputusan harga yaitu antara lain :
- Harga
yang tepat
- Pengambilan
keputusan
- Teknik
penentuan harga
- Tempat
- Koneksi
distribusi
Tempat
Tempat merupakan rute produk untuk di dapat
oleh konsumen. Tempat (Penempatan), ini tidak hanya mencakup tempat di mana produk
ditempatkan, semua kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk menjamin
ketersediaan produk yang ditargetkan pelanggan. Ketersediaan produk di tempat
yang tepat, pada waktu yang tepat dan dalam kuantitas yang tepat sangat penting
dalam keputusan-keputusan penempatan. Keputusan penempatan meliputi :
- Ritel
- Grosir
- Order
mail
- Internet
- Penjualan
langsung
- Peer
to peer
.
Promosi
Promosi merupakan cara untuk memunculkan
produk dan jasa yang berpengaruh. Promosi mencakup semua kegiatan
komunikasi dan menjual untuk membujuk prospek masa depan untuk membeli produk.
Keputusan promosi meliputi
:
- Penawaran
khusus
- Iklan
- Jaminan/rekomendasi
- Hadiah
- Kompetisi
- Panduan
pengguna
- Pameran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar