Sabtu, 29 Maret 2014

Pertemuan Keenam Marketing Mix

Resume perkuliahan pertemuan ke 6 tanggal 24 Maret 2014
MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN
            Assalamualaikum Wr.Wb….. resume perkuliahan perkuliahan MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN dengan tema materinya adalahhhh…..MARKETING MIX. Check this outtt…

Lanjutan Komponen Marketing Mix
A.    Orang (people)
Orang disini dimaksukan pada para karyawan, penyedia jasa, atau orang-orang yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam proses pelayanan.
1.      Karyawan
2.      Manajemen
3.      Budaya
4.      Pelayanan pelanggan (Customer service)

B.     Proses (Process)
Proses adalah kegiatan yang menunjukkan bagaimana pelayanan diberikan kepada konsumen selama melakukan pembelian barang. Pengelola usaha melalui front liner sering menawarkan berbagai macam bentuk pelayanan untuk tujuan menarik konsumen.
1.      Apakah proses yang dilakukan relevans untuk industri jasa atau tidak?
2.      Bagaimana melayani konsumen?
3.      Bagaimana orang mengkonsumsi layanan?
4.      Apakah proses yang dilakukan mereka dapat dilalui untuk memperoleh layanan?
5.      Dimana mereka menemukan ketersediaan layanan?








C.    Lingkungan Fisik (Physical Environment)
Lingkungan fisik merupakan keadaan atau kondisi yang di dalamnya termasuk suasana. Keadaan lingkungan fisik sangat menentukan komunikasi pemasaran itu berhasil atau tidak, sebab lingkungan juga memiliki peranan penting dalam bisnis atau perusahaan. Konsumen akan merasa puas dengan membeli produk kita dengan keadaan dan kondisi lingkungan yang kondusif.


1.      Kepintaran
2.      Susunan proses/tahapan
3.      Tatap muka
4.      Kenyamanan
5.      Fasilitas



D.    Pembauran pasar
Terkecuali pada campuran-campuran berikut ini :
1.      Tipe produk
2.      Target pasar
3.      Struktur pasar
4.      Perilaku pesaing
5.      Isu global – budaya/ agama, dan lain-lain
6.      Posisi pemasaran
7.      Portofolio produk

Unsur-unsur marketing mix tidak hanya terdiri dari produk, tempat, harga, promosi,  orang, proses, dan lingkungan fisik tetapi terdapat pula KEKUATAN (POWER)  dan HUBUNGAN MASYARAKAT (PUBLIC RELATION). 2 komponen tersebut berasal dari perkembangan zaman yang ada. Oleh karena itu, komponen-komponen Marketing Mix diperluas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar