Resume
perkuliahan pertemuan ke 6 tanggal 24 Maret 2014
MANAJEMEN
PEMASARAN JASA PENDIDIKAN
Assalamualaikum Wr.Wb….. resume
perkuliahan perkuliahan MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN dengan tema
materinya adalahhhh…..MARKETING MIX. Check this outtt…
Lanjutan Komponen Marketing Mix
A.
Orang
(people)
Orang disini dimaksukan pada para karyawan, penyedia jasa, atau orang-orang yang terlibat secara langsung maupun
tidak langsung dalam proses pelayanan.
1.
Karyawan
2.
Manajemen
3.
Budaya
4.
Pelayanan
pelanggan (Customer service)
B. Proses (Process)
Proses adalah kegiatan yang menunjukkan
bagaimana pelayanan diberikan kepada konsumen selama melakukan pembelian
barang. Pengelola usaha melalui front liner sering menawarkan berbagai macam
bentuk pelayanan untuk tujuan menarik konsumen.
1. Apakah proses yang dilakukan
relevans untuk industri jasa atau tidak?
2. Bagaimana melayani konsumen?
3. Bagaimana orang mengkonsumsi
layanan?
4. Apakah proses yang dilakukan mereka
dapat dilalui untuk memperoleh layanan?
5. Dimana mereka menemukan ketersediaan
layanan?
C. Lingkungan Fisik (Physical
Environment)
Lingkungan
fisik merupakan keadaan atau kondisi yang di dalamnya termasuk suasana. Keadaan
lingkungan fisik sangat menentukan komunikasi pemasaran itu berhasil atau tidak,
sebab lingkungan juga memiliki peranan penting dalam bisnis atau perusahaan.
Konsumen akan merasa puas dengan membeli produk kita dengan keadaan dan kondisi
lingkungan yang kondusif.
1.
Kepintaran
2.
Susunan
proses/tahapan
3.
Tatap
muka
4.
Kenyamanan
5.
Fasilitas
D. Pembauran pasar
Terkecuali pada campuran-campuran
berikut ini :
1.
Tipe
produk
2.
Target
pasar
3.
Struktur
pasar
4.
Perilaku
pesaing
5.
Isu
global – budaya/ agama, dan lain-lain
6.
Posisi
pemasaran
7.
Portofolio
produk
Unsur-unsur marketing mix tidak hanya terdiri dari
produk, tempat, harga, promosi, orang, proses, dan lingkungan fisik
tetapi terdapat pula KEKUATAN (POWER) dan HUBUNGAN MASYARAKAT (PUBLIC
RELATION). 2 komponen tersebut berasal dari perkembangan zaman yang ada. Oleh
karena itu, komponen-komponen Marketing Mix diperluas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar