Nama : NADHILAH
HANIFATI
NIM : 1445125563
MP 2012 A
Tugas : Analisis Bauran
Promosi Produk “PT. EAGLE INDO PHARMA” ( CAP LANG )
PROFIL
dan SEJARAH CAP LANG
PT.
EAGLE INDO PHARMA atau yang lebih dikenal dengan nama CAP LANG berdiri sejak
tahun 1973. CAP LANG terus melakukan transformasi hingga menjadi perusahaan
seperti yang dikenal sekarang. Dengan pengalaman lebih dari 38 tahun,
perusahaan ini tetap konsisten melayani dan meningkatkan kesehatan masyarakat
melalui penyediaan produk-produk farmasi OTC ( Over the Counter ) yang
berkualitas tinggi, efektif, dan aman digunakan.
CAP
LANG merupakan pemimpin pasar di berbagai produk kategori di kelasnya,
khususnya dalam kategori rubs & balm, seperti MINYAK KAYU PUTIH CAP LANG,
BALSEM OTOT GELIGA, BALSEM LANG, TELON LANG, MINYAK ANGIN LANG, dan MINYAK
GOSOK PIJAT URUT ( GPU ). Hal ini dibuktikan dengan berbagai penghargaan yang
diterima, seperti ICSA, TOP BRAND, BEST BRAND, REKOR MURI, dan lainnya.
Sebagai
perusahaan farmasi, CAP LANG terus melakukan perbaikan menjadi perusahaan
farmasi yang modern. Saat ini CAP LANG dilengkapi dengan fasilitas produksi
sesuai dengan persyaratan cara pembuatan obat yang baik yang ditetapkan oleh
BPOM seperti yang disyaratkan oleh WHO.
Dengan
dibantu oleh jaringan distribusi yang kuat, produk-produk CAP LANG dapat dengan
mudah dijumpai di seluruh pelosok Indonesia baik di outlet modern maupun outlet
tradisional.
PRODUK
CAP LANG
Produk
CAP LANG terdiri dari 3 jenis, yaitu LIQUID PRODUCTS, OINMENT PRODUCTS, serta
beberapa produk lainnya yang menunjang kesehatan.
LIQUID PRODUCTS
OTHER PRODUCTS
VISI
CAP LANG
·
Menjadi perusahaan obat OTC terbaik di
Indonesia dalam aspek profitabilitas, kepuasan pelanggan, proses internal,
pembelajaran dan pertumbuhan yang berkesinambungan melalui karya yang kreatif
dan inovatif dari seluruh elemen perusahaan yang kompeten.
MISI CAP LANG
·
Meningkatkan kualitas kehidupan
masyarakat melalui penyediaan produk obat OTC yang bermutu tinggi dengan
dilandasi kesungguhan hati, tanggung jawab dan pandangan jauh ke masa depan.
ANALISIS BAURAN PROMOSI
1. Periklanan
Perusahaan CAP LANG mengiklankan produknya melalui
media cetak dan media elektronik. Untuk saat ini hingga diprediksi untuk ke
depan, CAP LANG lebih banyak mempromosikan produknya melalui media elektronik,
yaitu televisi. Dalam iklannya, CAP LANG menunjukan keunggulan berbagai
produknya yang bergerak di bidang farmasi atau obat-obatan yang khas dan
berkhasiat. Karena perusahaan ini sudah dikenal sejak puluhan tahun yang lalu,
maka pihak perusahaan hanya mengiklankan melalui salah satu media saja.
Berikut
contoh iklan CAP LANG yang beredar di media elektronik :
2.
Promosi
Penjualan
PT Eagle Indo
Pharma, produsen minyak angin Cap Lang, menerapkan strategi
multi distributor dalam mempromosikan produknya. Strategi ini dikembangkan
dengan memberdayakan pedagang-pedagang di daerah-daerah di seluruh Indonesia.
Setelah mengkaji segala kemungkinan, Cap Lang akan menggandeng pengusaha daerah
untuk menjadi distributor mereka di tiap daerah agar lebih dekat dengan
konsumen. Strategi distribusi ini membuat barang bisa lebih cepat masuk ke
pasar. Hal ini bermanfaat karena dapat meningkatkan serta mengembangkan jiwa
kewirausahaan lokal dan kedekatan distributor dengan konsumen.
3.
Public Relation
Untuk
publisitasnya sendiri, hingga kini CAP LANG menerapkan strategi multi
distributor yang berpengaruh besar yaitu pada kedekatan distributor dengan
konsumen setia produk CAP LANG. hubungan dengan konsumen dikatakan dekat karena
konsumen dapat berkonsultasi langsung mengenai jenis produk apa yang sesuai
kebutuhan konsumen dengan distributor di berbagai outlet CAP LANG yang tersebar
luas di Indonesia. Dalam hal hubungan dengan masyarakat, perusahaan ini
mengembangkan produknya tergantung sekali pada permintaan masyarakat, jika masyarakat
terlihat membutuhkan sebuah produk, CAP LANG akan memenuhi kebutuhan itu.
4.
Personal Selling
Perusahaan
CAP LANG melakukan interaksi langsung, yaitu dengan cara konsultasi kesesuaian
produk yang ingin digunakan konsumen dengan para distributor resmi CAP LANG di
berbagai outlet, dan juga interkasi langsung konsumen setia CAP LANG dengan
masyarakat yang belum terlalu mengetahui keunggulan produk-produk perusahaan
ini.
Sumber :
mensa-group.com
dayulstr.wordpress.com
vemale.com
kaskus.co.id
youtube.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar