Minggu, 11 Mei 2014

Pertemuan ke 10-KEPUTUSAN HARGA

Resume perkuliahan pertemuan ke 10 tanggal 05 Mei 2014

MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN

Assalamualaikum Wr.Wb….. resume perkuliahan MANAJEMEN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN dengan tema materinya adalahhhh….. KEPUTUSAN HARGA. Check this outtt…

“KEPUTUSAN HARGA”
Harga merupakan sejumlah nilai atau uang yang dikenakan terhadap suatu produk yang berupa barang maupun jasa.
Pertimbangan dalam Harga meliputi dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal terdiri dari tujuan pemasaran, strategi bauran pasar, biaya, dan pertimbangan organisasi. Sedangkan faktor eksternal terdiri dari pasar, persaingan, dan faktor lainnya yang dapat berupa ekonomi, penjualan, serta pengembalian.
Menentukan Kebijakan Penetapan Harga terdiri dari :
a.       Tujuan
b.      Permintaan
c.       Biaya
Pendekatan Penetapan Harga, yaitu termasuk price celling dan price floor yang meliputi berbagai macam aspek, yaitu :
a.       Permintaan di sasaran pasar
b.      Strategi bisnis dan pemasaran
c.       Perbedaan produk
d.      Harga pesaing
e.       Biaya barang pengganti (substitusi)
f.       Biaya barang produksi
Pendekatan Penetapan Harga terdiri dari :
a.       Cost based pricing, yaitu menambah laba terhadap biaya produk
b.      Value based pricing, yaitu menetapkan harga berdasarkan persepsi pembeli terhadap suatu nilai dibandingkan dengan biaya penjual
c.       Competition based pricing, yaitu menetapkan harga berdasarkan harga yang ditetapkan pesaing untuk jenis produk yang serupa
d.      Break even analysis and target profit pricing, yaitu menetapkan harga untuk mencapai titik impas dalam membuat dan memasarkan produk atau memasarkan harga dalam mencapai target

Strategi Penetapan Harga Produk Baru terdiri dari :
a.       Market skimming pricing, yaitu menetapkan harga yang tinggi untuk produk baru untuk mendapatkan pendapatan maksimum dari segmen yang berkeinginan untuk membayar
b.      Market penetration pricing, yaitu menetapkan harga yang rendah untuk produk baru untuk menarik banyak pembeli dan pangsa pasar yang besar

Strategi Penyesuaian Harga terdiri dari :
a.       Diskon
b.      Harga yang berbeda
c.       Harga yang menyesuaikan pada psikologi pembeli
d.      Harga promosi
e.       Harga internasional
f.       Harga lokasi

A.    Penetapan Harga Diskriminasi :
a.       Segmen pelanggan
b.      Bentuk produk
c.       Lokasi
d.      Waktu
B.     Penetapan Harga Psikologi :
a.       Lebih menarik
b.      Nilai lebih baik
c.       Psikologi harga

C.    Penetapan Harga Promosi :
a.       Supermarket
b.      Event special
c.       Diskon
d.      Pembiayaan bunga rendah
e.       Pembayaran jangka panjang
f.       Garansi dan pelayanan
g.      Diskon psikologis

Pertimbangan dasar keputusan harga untuk dipasarkan di luar negeri meliputi apakah harga mencerminkan kualitas, apakah harganya kompetitif, apakah perusahaan harus menjalankan market simming dan market penetration, tipe diskon, segmen yang berbeda dengan harga, keputusan harga yang harus diambil,  apakah harga yang ditetapkan sesuai dengan kebijakan pemerintah, serta hokum dumping.
Market holding merupakan strategi yang sering digunakan oleh perusahaan yang ingin mempertahankan pangsa pasar. Dalam pasar global terjadi karena fluktuasi nilai mata uang yang menyebabkan harus diadakannya penyesuaian harga.
Pengaruh Lingkungan terhadap Keputusan Harga :
a.       Fluktuasi nilai mata uang
b.      Klausuf nilai tukar
c.       Penetapan harga di wilayah yang mengalami inflasi
d.      Campur tangan dan subsidi pemerintah
e.       Perilaku pesaing
f.       Hubungan harga dan kualitas
Transfer pricing merupakan penetapan harga dari produk atau jasa yang dibeli atau dijual  oleh unit operasi atau divisi dari perusahaan.
3 Pendekatan Alternatif :
a.       Cost based transfer pricing
b.      Market based transfer pricing
c.       Negotiation transfer pricing




1 komentar:

  1. MGM Grand Hotel & Casino Kansas City - JM Hub
    MGM Grand Hotel & Casino Kansas City A 여주 출장마사지 stay at the MGM 대전광역 출장샵 Grand Hotel & 계룡 출장샵 Casino Kansas City. This property is not 나주 출장샵 yet a tribal casino, 전라남도 출장안마

    BalasHapus