WARALABA (FRANCHISE)
Definisi
Waralaba (Franchise)
Apa
itu bisnis waralaba atau yang sering kita dengar dengan istilah franchise yang
sedang berkembang di Indonesia? Waralaba merupakan sistem pemasaran yang
memberikan kesempatan bagi suatu badan usaha lain dengan cara menduplikasikan
usahanya secara mandiri terutama dalam barang yang akan didagangkan serta
keuntungan dari hasil penjualannya, atau dengan kata lain waralaba merupakan
usaha yang dijalankan dengan bekerja sama dengan suatu pihak dan keuntungannya
dibagi adil berdasarkan kesepakatan bersama di awal.
Proses
Usaha Waralaba (Franchise)
Usaha
atau bisnis waralaba membooming dan menjadi kunci utama aktivitas perekonomian
di Indonesia saat ini. Mengingat prosesnya yang mudah seperti dicontohkan
sebagai berikut : Terdapat seorang pengusaha yang membangun perusahaan dalam
bidang barang ataupun jasa, lalu sang pengusaha tersebut mencari mitra atau partner
usaha yang ingin memasarkan produk dan menyediakan lokasi usaha, setelah itu
kedua belah pihak membuat kesepakatan mengenai sistem kerja serta pembagian
hasil (keuntungan), misalnya berkisar antara 70 : 30 atau sebagainya.
Jenis-jenis Usaha Waralaba (Franchise)
1.
Waralaba
Produk
Pabrik
memberikan wewenang kepada franchisee (penerima waralaba) untuk
mendistribusikan produk oleh produsen dan memungkinkan sang pemilik untuk
menggunakan nama dan merk dagang yang dimiliki produsen dan franchisee harus
membayar biaya serta membeli persediaan minimum saham dengan berimbalkan hak.
Contoh : Goodyear, dan lain sebagainya.
2.
Waralaba
Format Bisnis
Jenis
waralaba ini menjalankan usaha dengan menggunakan nama dan merk dagang
perusahaan, dan perusahaan member bantuan kepada pemilik usaha dalam mengelola
bisnisnya, lalu franchisee membayar royalti sebagai imbalan. Contoh : Pecel
Lele Lela, Domino Pizza, dan lain sebagainya.
3.
Waralaba
Pabrik
Yaitu
waralaba yang menyediakan pabrik untuk memproduksi produk dan menjualnya dengan
menggunakan nama dan merk franchisor (pemberi waralaba) dan merk dagangnya.
Contoh : Coca Cola, dan lain sebagainya.
4.
Waralaba
Manajemen
Farnchisee
menyediakan ahli manajemen serta prosedur untuk menjalankan usaha. Contoh :
manajemen dari bisnis Hilton, dan lain sebagainya.
Kelebihan Usaha Waralaba
1. Tidak
selalu harus menyediakan tempat usaha
2. Memiliki
banyak waktu luang
3. Terjalinnya
kerja sama di berbagai tempat yang membuat produk menjadi lebih dikenal publik.
4. Resiko
kegagalan lebih kecil
5. Mendapat
berbagai bantuan usaha
Kelemahan Usaha Waralaba
1. Fokus
pada konsep franchisor
2. Mahalnya
biaya
3. Berpotensi
adanya konflik
4. Adanya
persaingan reputasi secara bersamaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar