Sabtu, 03 Mei 2014

Waralaba (Franchising)

WARALABA (FRANCHISE)
Definisi Waralaba (Franchise)
Apa itu bisnis waralaba atau yang sering kita dengar dengan istilah franchise yang sedang berkembang di Indonesia? Waralaba merupakan sistem pemasaran yang memberikan kesempatan bagi suatu badan usaha lain dengan cara menduplikasikan usahanya secara mandiri terutama dalam barang yang akan didagangkan serta keuntungan dari hasil penjualannya, atau dengan kata lain waralaba merupakan usaha yang dijalankan dengan bekerja sama dengan suatu pihak dan keuntungannya dibagi adil berdasarkan kesepakatan bersama di awal.
Proses Usaha Waralaba (Franchise)
Usaha atau bisnis waralaba membooming dan menjadi kunci utama aktivitas perekonomian di Indonesia saat ini. Mengingat prosesnya yang mudah seperti dicontohkan sebagai berikut : Terdapat seorang pengusaha yang membangun perusahaan dalam bidang barang ataupun jasa, lalu sang pengusaha tersebut mencari mitra atau partner usaha yang ingin memasarkan produk dan menyediakan lokasi usaha, setelah itu kedua belah pihak membuat kesepakatan mengenai sistem kerja serta pembagian hasil (keuntungan), misalnya berkisar antara 70 : 30 atau sebagainya.
Jenis-jenis Usaha Waralaba (Franchise)
1.      Waralaba Produk
Pabrik memberikan wewenang kepada franchisee (penerima waralaba) untuk mendistribusikan produk oleh produsen dan memungkinkan sang pemilik untuk menggunakan nama dan merk dagang yang dimiliki produsen dan franchisee harus membayar biaya serta membeli persediaan minimum saham dengan berimbalkan hak. Contoh : Goodyear, dan lain sebagainya.
2.      Waralaba Format Bisnis
Jenis waralaba ini menjalankan usaha dengan menggunakan nama dan merk dagang perusahaan, dan perusahaan member bantuan kepada pemilik usaha dalam mengelola bisnisnya, lalu franchisee membayar royalti sebagai imbalan. Contoh : Pecel Lele Lela, Domino Pizza, dan lain sebagainya.
3.      Waralaba Pabrik
Yaitu waralaba yang menyediakan pabrik untuk memproduksi produk dan menjualnya dengan menggunakan nama dan merk franchisor (pemberi waralaba) dan merk dagangnya. Contoh : Coca Cola, dan lain sebagainya.
4.      Waralaba Manajemen
Farnchisee menyediakan ahli manajemen serta prosedur untuk menjalankan usaha. Contoh : manajemen dari bisnis Hilton, dan lain sebagainya.
Kelebihan Usaha Waralaba
1.      Tidak selalu harus menyediakan tempat usaha
2.      Memiliki banyak waktu luang
3.      Terjalinnya kerja sama di berbagai tempat yang membuat produk menjadi lebih dikenal publik.
4.      Resiko kegagalan lebih kecil
5.      Mendapat berbagai bantuan usaha
Kelemahan Usaha Waralaba
1.      Fokus pada konsep franchisor
2.      Mahalnya biaya
3.      Berpotensi adanya konflik
4.      Adanya persaingan reputasi secara bersamaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar